Wakil Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana, saat memberikan potongan tumpeng kepada Orang Tua Lanjut Usia pada Peringatan Hari Lansia Tahun 2014

Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional Tingkat Kab. Karawang Tahun 2014, Pemerintah Kabupaten Karawang melalui Dinas Sosial memberikan penghargaan kepada sejumlah lansia berprestasi. Penghargaan yang diserahkan secara langsung oleh Wakil Bupati dr.Cellica Nurrachadiana tersebut diselenggarakan dalam upacara sederhana dan berolahraga bersama di Lapang Karang Pawitan Karawang, Jumat (29/8), diawali dengan pemberian potongan tumpeng oleh Wakil Bupati kepada salah satu Orang Tua Lanjut Usia.
Wakil Bupati dalam kesempatan tersebut mengatakan, Hari Lanjut Usia senantiasa diperingati setiap tahunnya oleh Pemerintah Kabupaten Karawang, melalui Dinas Sosial. Hal ini dilakukan dalam rangka memperbaiki dan meningkatkan sumber daya manusia lanjut usia yang ada di Kabupaten Karawang. “Namun demikian, upaya memperbaiki dan meningkatkan kesejahteraan lansia tersebut bukanlah tanggung jawab Pemerintah Daerah semata, melainkan juga tanggung jawab kita bersama,” ujarnya.
Lebih lanjut Wakil Bupati mengatakan peran serta keluarga, masyarakat, dan lembaga lainnya sangat diperlukan dalam upaya pemberdayaan para lanjut usia, sehingga mereka tidak selalu bergantung pada orang lain. Dengan adanya peran serta komponen masyarakat lainnya tersebut, para lanjut usia diharapkan dapat semakin mandiri. “Serta tetap mampu untuk ikut serta dalam mengisi program-program pembangunan di Kabupaten Karawang,” jelasnya.
Oleh karena itu, lanjut Wakil Bupati, dengan adanya peringatan Hari Lanjut Usia ini diharapkan dapat semakin menyadarkan semua pihak akan keberadaan para lanjut usia. Dengan semakin meningkat kesadaran tersebut, diharapkan dapat tercipta adanya keterpaduan antara pemerintah daerah dan masyarakat guna menyusun langkah-langkah terbaik dalam meningkatkan kualitas kesejahteraan lansia.
Di sisi lain, Wakil Bupati Cellica juga memberikan apresiasi kepada panitia, Dinas Sosial Kabupaten Karawang, Komisi Daerah Lanjut Usia Kabupaten Karawang, Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI), serta para sesepuh pengurus Pepabri, PWRI, LVRI, dan DHD 45 yang telah turut berpartisipasi dalam mensukseskan peringatan Hari Lanjut Usia Tingkat Kabupaten Karawang.
Terakhir Wakil Bupati mengatakan bahwa dirinya atas nama pribadi, pemerintah daerah, dan seluruh masyarakat Kabupaten Karawang memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para lanjut usia yang telah ikut berpartisipasi dalam proses pembangunan di Kabupaten Karawang. Tentunya para lanjut usia tersebut patut diberikan apresiasi dan penghargaan tersebut, karena tanpa sumbangsih mereka, kondisi Karawang terus semakin maju ini tidak akan mungkin terwujud, ingat sehebat apapun kalian, sepintar apapun kalian generasi muda, masih kalah segalanya dengan para Lansia ini, karena orangtua memiliki pengalaman hidup lebih.
Sementara itu Laporan kegiatan oleh Kadis Sosial Kab Karawang Rochuyun Santosa, Kegiatan ini merupakan Program kerja Dinas Sosial Kab Karawang, dana dari APBD Kab Karawang, rangkaian kegiatan ini juga diantaranya dilakukan Baksos di Panti Tresna Wreda Telukjambe Karawang., dan pemeriksaan berobat gratis yang disponsori oleh BPJS.  ( By :  IKI )