Mensukseskan Citarum Harum dan Hari Adhyaksa ke 58, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Karawang melakukan penanaman pohon di bantaran Sungai Citarum Kelurahan Tanjungmekar

Karawang,- Mensukseskan Citarum Harum dan Hari Adhyaksa ke 58, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Karawang melakukan penanaman pohon di bantaran Sungai Citarum Kelurahan Tanjungmekar, Kecamatan Karawang Barat, Jumat (20/7).
Kepala DLHK Kabupaten Karawang, Wawan Setiawan mengatakan, pihaknya sangat mendukung dengan inisiatif dari Kejari Karawang untuk melakukan penanaman bibit pohon di bantaran Sungai Citarum. Dengan mensukseskan Citarum Harum diharapkan pohon yang ditanam ini bisa memberikan manfaat warga sekitar Kelurahan Tanjungmekar.
"Kita bawa 3 jenis pohon yang ditanam yaitu pohon Mangga, Sirsak dan pohon Kayu. Pohon tersebut supaya bisa menjadi penahan air jika (sungai) meluap saat musim hujan," ungkapnya.
Lanjutnya, warga yang dilokasi penanaman sangat senang dengan kegiatan di sekitar mereka. Bahkan masyarakat ikut membantu dalam proses persiapan penanaman pohon disekitar tempat tinggal mereka.
"Warga disini yang akan merawat agar pohon ini bisa hidup karena saat ini sedang musim panas. Jadi partisipasi masyarakat kita butuhkan," jelasnya.
Sementara itu, Kepala Kejari Karawang, Sukardi menuturkan, penanaman bibit pohon merupakan bagian dari rangkaian peringatan dalam rangka Hari Adhyaksa ke 58 yang dilakukan Kejari Karawang. Penanaman pohon ini juga merupakan bagian dari program pemerintah melalui Citarum Harum dengan melakukan penanaman pohon disepanjang sungai Citarum. Pihaknya menggandeng instansi pemerintah daerah yaitu DLHK untuk mengetahui lokasi yang tepat untuk menanam pohon.
"Lokasi Kelurahan Tanjungmekar ini kita pilih karena jika terjadi hujan air sungai meluap hingga ke pemukiman. Dengan penanaman pohon disekitar sungai kita harapkan bisa mengurangi dampak banjir yang terjadi setiap tahun," tuturnya. (diskominfo)