Bupati Karawang H. Ade Swara, saat memberikan Sambutan pada Kegiatan Pemberyadaan Komite Sekolah

Sebagai salah satu upaya meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat dalam pembangunan pendidikan, Dewan Pendidikan Kabupaten Karawang menyelenggarakan kegiatan Pemberdayaan Komite Sekolah untuk tingkat SMP, SMA, dan SMK, Rabu (14/5). Kegiatan yang berlangsung di Gedung Singaperbangsa Lt. III Pemda Karawang tersebut turut dihadiri langsung oleh Bupati Karawang, H. Ade Swara.

Dalam arahannya, Bupati H. Ade Swara menjelaskan bahwa pendidikan merupakan sektor penting dan sangat berperan dalam pembangunan bangsa untuk memperbaiki kondisi sekarang, hari esok dan masa depan ke arah yang lebih baik. “Dimana didalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dicantumkan bahwa pendidikan nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia indonesia seutuhnya,” ujarnya.

Kebijakan dan program pembangunan pendidikan di Kabupaten Karawang, lanjut Bupati telah digariskan dalam misi yang pertama pembangunan Kabupaten Karawang, yakni “Meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat yang cerdas, sehat, berbudaya dan religius yang harmonis”. Penetapan bidang pendidikan dalam misi pertama ini didasari dengan tingginya potensi pendidikan yang ada di Kabupaten Karawang.

Sebagaimana dimaklumi bahwa Komite Sekolah merupakan badan yang mandiri sekaligus berperan untuk meningkatkan mutu pelayanan pendidikan, memberikan arahan, pertimbangan dan pengawasan terhadap pengelolaan manajemen pendidikan serta pembangunan fasilitas pendidikan di semua jalur dan jenjang pendidikan.

Hal ini tentunya menjadikan Komite Sekolah memiliki peran yang besar untuk mewadahi dan menyalurkan aspirasi dan prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan; menciptakan suasana yang kondusif dan transparansi, akuntabel dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu; mendorong orang tua siswa dan masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan pendidikan; serta  menggalang dana masyarakat untuk pembiayaan penyelenggaraan pendidikan yang bermutu dan   pembangunan sarana dan prasarana pendidikan yang layak dan memadai.

Atas dasar tersebut, dirinya secara pribadi dan atas nama Pemerintah Daerah, serta seluruh warga masyarakat Karawang, menghaturkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada insan pendidikan yang telah memajukan bidang pendidikan di Kabupaten Karawang.

Ketua Panitia Penyelenggara yang juga merupakan anggota Dewan Pendidikan Kabupaten Karawang, Ir. H. Sodikin, MM, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan gelombang pertama, yang terdiri dari 153 peserta, antara lain Ketua Komite SMP 75 orang, Ketua Komite SMA 30 orang, Ketua Komite SMK 30 orang, unsur pengawas SMP 3 orang, unsur pengawas SMA 3 orang, unsur pengawas SMK 3 orang, unsur MKKS SMP 3 orang, unsur MKKS SMA 3 orang, dan unsur MKKS SMK 3 orang.