Jelang berakhirnya masa tugas Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat, orang nomor satu di tatar padjajaran ini berkunjung ke Karawang untuk melihat berbagai proyek pembangunan yang bersumber dari APBD Provinsi Jabar.

Salah satunya ialah meninjau progres penataan Alun Alun Karawang tahap kedua yang ditargetkan rampung pada September tahun ini.

Ditemani Bupati Karawang dr Hj Cellica Nurrachadiana, kang Emil diajak berkeliling Alun-Alun untuk melihat dari dekat kemajuan proyek tersebut.

Penataan Alun-alun Karawang yang berlokasi di Masjid Agung ini sendiri bersumber dari APBD Provinsi Jawa Barat sebesar Rp 17 Miliar dan merupakan legacy kepemimpinan kang Emil selama 5 tahun memimpin Jabar.

Pembangunan Alun Alun Karawang sendiri terdiri dari dua tahap. Tahap pertama telah dimulai pada Agustus 2022, dan dilanjutkan ke penataan tahap kedua yang dimulai pada April 2023.

"Konsepnya adalah untuk memperbanyak ruang ruang publik semi wisata lokal sebagaimana konsep alun-alun Bandung. Alun-alun akan lebih tertata rapi. Para pedagang Kaki Lima pun telah kami relokasi," kata bupati.

Beberapa bagian pembangunan yang telah dikerjakan pada tahap pertama akan disempurnakan. Di antaranya pembangunan basement yang nantinya akan digunakan untuk kafe dan parkir kendaraan. Basement ini diproyeksikan bisa menampung 40 mobil.

Sedangkan untuk penyelesaian bagian atas, akan dipercantik dengan rumput sintesis. "Semoga dengan semakin cantiknya alun-alun Karawang ini menjadi sarana publik yang nyaman, indah dan menyenangkan," tandasnya. (Prokompim)