Empat purnama sudah transformasi PDAM Tirta Tarum Karawang menuju perubahan. Tentunya perubahan ke arah yang positif dan lebih baik. Selama kurun waktu tersebut banyak terjadi dinamika yang luar biasa dalam sejarah PDAM Tirta Tarum.

Oleh : Direksi pdam Tirta Tarum Karawang

Empat purnama sudah transformasi PDAM Tirta Tarum Karawang menuju perubahan. Tentunya perubahan ke arah yang positif dan lebih baik. Selama kurun waktu tersebut banyak terjadi dinamika yang luar biasa dalam sejarah PDAM Tirta Tarum.
.

Tekad untuk hijrah dari birokrasi ke korporasi, dari dilayani menjadi melayani, dari tidak diperhitungkan menjadi excellent, dari pasif menjadi pro aktif, dan dari zona nyaman ke zona penuh tantangan. Tidak mundah berlayar dengan perahu retak penuh lobang disana sini, belum lagi kayuhnya rapuh dan compang camping. Sementara cuaca mendung dan badai mengintai.
.

Hanya berbekal niat baik, tekad kuat, keyakinan dan ridho Allah SWT, maka perahu PDAM Tirta Tarum ini kembali optinis berlayar menuju samudera harapan dengan berbagai rintangan, tantangan, hambatan dan gangguan dengan tegar. Berbagai masalah yang bertubu-tubi menyelimuti PDAM Tirta Tarum, sedikit demi sedikit mulai terurai, meski belum sepenuhnya usai. Sementara tugas utama pelayanan publik tetap harus dijalankan dengan sebaik-baiknya. Dan dengan berakhirnya tahun 2018 ini maka beberapa hasil transformasi kepemimpinan baru diantaranya adalah :
.

1.    Lompatan capaian pelanggan dari 72.000 SR menjadi 77.000 SR di penghujung 2018. Hal ini didukung program Promo 3X pada bulan Agustus, September dan Desember 2018.
2.    Konsolidasi internal dan eksternal, serta antar Lembaga, instansi dan mitra kerja.
3.    Kersajama dengan berbagai Lembaga pendukung seperti BPPSPAM, Satker SPAM, PJT II, Perumnas, Summarecon, bahkan Kejaksaan, Lawyer, Notaris, dan lain-lain
4.    Amnesti denda pelanggan (bulan bebas denda) yang akan dilanjutnya dengan penghapusan tagihan bad debt sesuai standar akuntansi.
5.    Peran serta dalam program hibah SR MBR APBN Tahun 2019 sebanyak 5000 SR
6.    Optimalisasi produksi dan distribusi SPAM
7.    Peningkatan pelayanan melalui 24 hour call center, One Day Service (ODS) pemasangan SR dan One Hour Service (OHS) untuk keluhan.
diskominfokrwkab8.    Visioner dalam Pengembangan Perusahaan
9.    Inovasi, Integritas, Solidaritas Persatuan dan Kesatuan
10.    Commitment, Credible dan Consistent Menuju yang Terbaik
11.    Evaluasi Berkelanjutan menuju Prestasi Tinggi
Kesebelas nilai inti itu merupakan singkatan BEST SERVICE yang sekaligus sebagai motto baru perusahaan, dan nilai inti ini merupakan pemikiran bersama seluruh keluarga besar PDAM Tirta Tarum Karawang dari seluruh level. Nilai inti ini bukanlah aturan hukum tetapi lebih merupakan nilai-nilai budaya organisasi perusahaan untuk menuju yang lebih baik. Nilai inti ini dibuat menyusul Deklarasi Bangkit 21 November 2018 dimana tekad untuk memberikan service terbaik dalam semangat Good Corporate Governance (GCG) atau tata kelola perusahaan yang baik. Dengan capaian di tahun 2018 yang baru dilakukan selama 4 bulan 25 hari, adalah merupakan sedikit prestasi yang belum dapat dibanggakan, namun semangat “bangkit” untuk melayani yang terbaik akan menjadi cambuk bagi seluruh keluarga besar PDAM Tirta Tarum untuk lebih maju lagi menuju prestasi tinggi.
Perjuangan masih panjang, target masih menanti, semangat meraih dan merealisasikan 5.000 SR MBR pada tahun 2019 sudah menunggu, dan harapan pelayanan terbaik dari masyarakat Karawang dinanti. Mohon doanya seluruh masyarakat Karawang.
Semoga Allah Subhanahu Wata’ala meridhoi kita bersama wabil khusus PDAM Tirta Tarum Karawang ini. Semoga !!! (pdamkarawang2018@gmail.com)