Kab. Karawang - Dalam rangka penguatan pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Kabupaten Karawang, Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Karawang melaksanakan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi JDIH. Bertempat di Brits Hotel.

JDIH sendiri merupakan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum yang dimiliki setiap instansi pemerintahan dan memiliki fungsi untuk mengakses produk hukum atau peraturan yang dikeluarkan masing-masing instansi.

Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Karawang Asep Suryana menyampaikan bahwa tujuan kegiatan tersebut untuk mengoptimalkan pemanfaatan JDIH oleh perangkat daerah, desa dan masyarakat dalam mencari dan mendapatkan informasi mengenai produk hukum daerah.

Adapun peserta yang ikutserta dalam rakor dan sosialisasi tersebut sebanyak 70 orang terdiri dari perangkat daerah, perwakilan desa, perguruan tinggi dan tim pengelolaan JDIH Bagian Hukum Setda Kabupaten Karawang.

Kegiatan dibuka langsung oleh Plt Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Karawang Asip Suhendar menyampaikan bahwa Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) sangat penting diketahui untuk mempermudah dalam mengakses informasi produk hukum daerah.

Ia juga menyebutkan bahwa JDIH merupakan wadah pendayagunaan bersama atas dokumen hukum secara tertib, terpadu dan berkesinambungan serta merupakan sarana pemberian pelayanan hukum secara lengkap, akurat dan cepat.

Dengan adanya kegiatan tersebut, ia berharap para peserta yang hadir mampu mengetahui, menindaklanjuti dan mengimplementasikan kedalam website JDIH sehingga akan mempermudah pemerintah dan masyarakat apabila membutuhkan terkait produk hukum daerah.

"Saya sangat berharap adanya rapat koordinasi dan sosialisasi JDIH ini, Bapak ibu bukan sekedar tahu tapi mampu menindaklanjuti untuk mengimplementasikan sehingga mempermudah kita dan masyarakat apabila membutuhkannya," ujarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dari tiga narasumber yaitu Badan Pembinaan Hukum Nasional, Kejaksaan Negeri Karawang dan Diskominfo Kabupaten Karawang. (Diskominfo)