Puskesmas Dengan Tempat Pelayanan (DTP) Pacing Kecamatan Jatisari mulai hari ini resmi beroperasi. Bupati Karawang dr Hj Cellica Nurrachadiana langsung datang ditemani sejumlah pejabat teras Dinas Kesehatan di puskesmas ke 4 yang dibangun lewat APBD 2022 itu.

"Saya meresmikan Puskesmas Pacing Kecamatan Jatisari pagi ini. Puskesmas Pacing merupakan puskesmas Dengan Tempat Pelayanan (DTP) ke 4 yang dibangun melalui anggaran tahun 2022," katanya.

Tinggal satu puskesmas lagi yang tersisa untuk diresmikan secara simbolis. Yakni Puskesmas Klari. "Saya sudah memberikan tenggat waktu kepada Kepala Dinas Kesehatan bahwa 5 puskesmas yang dibangun 2022 harus selesai di akhir Januari. Walaupun mestinya akhir tahun lalu puskesmas-puskesmas ini sudah bisa digunakan," tandas bupati.

Pelaksana pihak ketiga yang lambat atau pekerjaannya tidak memuaskan contoh Klari, dipastikan tak bisa ikut lelang satu tahun kedepan. "Bahkan saya minta pendampingan kejaksaan sebagai komitmen kami dalam membangun Karawang," sambung bupati wanita pertama ini.

Puskesmas DTP sendiri masuk dalam agenda utama janji politik yang tertuang dalam RPJMD. Bupati telah meminta agar 2024 rampung terbangun 50 puskesmas DTP dalam rangka meningkatkan kualitas jejaring layanan kesehatan. "Kami juga siapkan alat kesehatan penunjang seperti USG, alat pendeteksi TBC dan lain sebagainya. Sehingga mempermudah rakyat agar tidak terlalu jauh berobat ke RSUD," tutur Cellica.

RSUD Karawang tengah difokuskan sebagai rumah sakit rujukan dan layanan penyakit berat yang tidak bisa dilayani di puskesmas. "Semoga puskesmas Pacing ini bisa memberikan manfaat bagi warga Jatisari terutama mempermudah dan mempercepat layanan kesehatan bagi rakyat kami," harap bupati.(prokompim)