Pencapaian PDAM Tirta Tarum Karawang

Pencapaian PDAM Tirta Tarum Karawang

Karawang,- Memasuki usia yang ke-32, PDAM Tirta Tarum Karawang telah mengukir sejarah dengan berbagai capaian dan masalah. Sebagai perusahaan pelayanan publik milik pemerintah daerah Kabupaten Karawang. PDAM saat ini memasuki masa transformasi yang cukup sulit dalam menghadapi tantangan, hambatan, gangguan maupun rintangan. 
Dengan suntikan semangat baru bersama jajaran direksi baru, kini PDAM Tirta Tarum tengah berhijrah dari birokrasi menjadi korporasi, dari dilayani menjadi melayani dan dari tidak diperhitungkan menjadi excellent, hal ini tentunya diimbangi perubahan dari aktif menjadi pro aktif dan dari zona nyaman berubah ke zona penuh tantangan.

Dengan jumlah pelanggan hampir 78.000 Sambungan Langganan, PDAM Tirta Tarum semakin mantap melangkah pasti menuju PDAM kategori besar dalam jangka waktu 5 tahun ke depan (Insya Allah). Memang jika ditilik dari cakupan pelayanan berdasarkan jumlah penduduk baru mencapai 23 %, akan tetapi dengan perkembangan capaian dan perubahan selama 8 bulan terakhir, kini PDAM Tirta Tarum semakin mantap mengejar ketertinggalannya dari PDAM lain khususnya di Jawa Barat.

Berbagai capaian yang telah diraih selama 8 bulan terakhir diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Konsolidasi internal dan eksternal perusahaan dalam rangka menumbuhkan kondusifitas perusahaan.

2.Layanan call center 24 jam, dengan konsep One Day Service (ODS) untuk pemasangan SR dan One Hour Service (OHS) untuk pelayanan keluhan dan pengaduan.

3.Peningkatan Good Corporate Governance (GCG) melalui penetapan Nilai Inti (Core Value) Perusahaan yang terangkum dalam “BEST SERVICE” dan Deklarasi Bangkit PDAM Tirta Tarum 21-11-2019.

4.Amnesti PDAM atau Bulan Bebas Denda pada bulan November 2018 dengan hasil peningkatan pembayaran hingga ± 5 %, meskipun belum maksimal akan tetapi animo masyarakat cukup tinggi.

5.Optimalisasi produksi dan distribusi SPAM.
6.Capaian Sambungan Langganan mencapai ± 78.000 SR dan direncanakan penambahan sambungan 8000 SR pada tahun 2019.

7. Kondisi keuangan yang sehat dan baik dengan capaian laba bersih tahun 2018 (audited) sebesar Rp 3.4 M (meningkat 25% dari tahun 2017).
.
8. Perbaikan layanan pelanggan berbasis online untuk peningkatan 4K (Kuantitas, Kontinyuitas, Kualitas dan Keterjangkauan).
.
9. Kerjasama MOU/Perjanjian dengan Perum Perumnas, PJT II, BPPSPAM, Satker SPAM, IUWASH, Perbankan, PPOB, Summarecon, Lotte, notaris dan lawyer, bahkan kejaksaan negeri Karawang untuk memastikan kelancaran usaha PDAM Tirta Tarum.
.
10. Evaluasi system IT terpadu untuk pelayanan, keuangan, operasional, teknis dan persiapan pembuatan Geographyc Information System (GIS) di PDAM Tirta Tarum Karawang.
.
11. Pengajuan program hibah SR MBR APBN 2019 sebanyak 3.750 SR
.
12. Penyelesaian Bussiness Plan 2018-2021.
.
13. Program Technical Assistance dan Capacity Building dari NUWSP (National Urban Water Supply Project).
.
14. Setoran PAD sebesar Rp 4.4 M dari Rp 6.3 M sisa kewajiban tahun 2016 & 2017
.
15. Gebyar Promo SR Murah Rp 499.900/SR selama 2 bulan dalam rangka HUT PDAM ke-32 dan Idul Fitri 1440H
.
16. Penyelesaian beberapa permasalahan internal maupun eksternal perusahaan.
.
Meskipun saat ini tarif dasar PDAM Tirta Tarum masih tercatat sebagai tarif terendah diseluruh Jawa Barat, akan tetapi secara Analisa finansial masih tercapai full cost recovery (FCR) meskipun margin yang diperoleh sudah tidak memadai lagi.
.
Hal inilah yang perlu dipikirkan bersama stakeholder lain agar ke depan dapat dilakukan penyesuaian tarif yang wajar untuk operasional dan peningkatan cakupan layanan. Dan kini di usia yang ke-32 tahun, PDAM siap melangkah pasti menuju yang terbaik sebagaimana tekad BEST (Berikan Service Terbaik!). .
Berbagai capaian tersebut tak dapat diraih tanpa dukungan dari Pemerintah Daerah beserta jajarannya khususnya Bupati/Wakil Bupati, DPRD, Dewas, Direksi, Pegawai, dinas terkait dan seluruh masyarakat khususnya 
pelanggan PDAM Tirta Tarum Karawang. Memang sedikit capaian di atas belumlah maksimal, masih banyak hal-hal yang perlu ditingkatkan lagi. (diskominfo)

------------------------------------------------------
Follows Media Kominfo Official :

Fb : Kominfo Karawang/Diskominfokrwkab
IG : @Diskominfokrwkab 
Twitter : @Diskominfokrwkab 
Website : www.karawangkab.go.id