Pemerintah Kabupaten Karawang menggelar sosialisasi kerjasama daerah dengan daerah lain (KSDD) di Aula Resto Indo Alam Sari

Karawang,- Pemerintah Kabupaten Karawang menggelar sosialisasi kerjasama daerah dengan daerah lain (KSDD) di Aula Resto Indo Alam Sari, Rabu (10/10/2018). Asisten Daerah (Asda) 1 Setda Karawang Samsuri mengatakan kerjasama antar daerah akan menguatkan sinergitas kerjasama baik efektivitas, efisiensi, dan pelayanan publik yang saling menguntungkan. Apalagi, saat ini pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 28 Tahun 2018 tentang Kerjasama Antar Daerah. "Karawang telah banyak melakukan kerjasama dengan daerah lain. Hanya saja, selama ini dilakukan melalui instansi terkait," katanya.

Ia juga mengimbau para camat untuk lebih intens menjalin kerjasama antar wilayah. Menurutnya, kerjasama antar wilayah bersifat wajib. Apalagi antar daerah yang berbatasan. "Kalau tidak kerjasama, kita dianggap tidak mampu," tuturnya.

Samsuri mengimbau para Camat supaya jeli melihat peluang kerjasama. Bidangnya bermacam - macam misalnya pendidikan, kesehatan hingga infrastruktur. "Tapi tidak ujug - ujug kerjasama. Terlebih dahulu harus menempuh serangkaian tahapan, bukan hanya baru ada masalah, baru kerjasama," tuturnya.

Dengan terbitnya regulasi KSDD tersebut, katanya, kerjasama dengan daerah lain di Indonesia maupun dengan kota di negara lain akan menguat dan membuka peluang untuk mempromosikan dan memasarkan potensi yang ada di Karawang, begitu juga sebaliknya. "Misalnya jika sister city dengan negara lain akan mempermudah sektor ekspor. Sebab, regulasi ekspor bisa dipangkas," katanya.

Seperti diketahui, hasil laut Karawang saat ini terbilang unggul. Seperti kepiting tanpa cangkang yang telah diekspor ke luar negeri. "Ada juga sidat. Tetapi selama ini baru dipasarkan secara perorangan. Ini sangat potensial jika dipasarkan dalam bentuk goverment to goverment," katanya. (diskominfo)

_______________________________
Follows Media Kominfo Official :

Fb : Kominfo Karawang/Diskominfokrwkab
IG : @Diskominfokrwkab 
Twitter : @Diskominfokrwkab 
Website : www.karawangkab.go.id