BAPETEN Safety and Security Award (BSSA) Berikan Penghargaan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) memberikan apresiasi kepada instansi yang patuh dan mengikuti ketentuan perundangan ketenaga nukliran

BAPETEN Safety and Security Award (BSSA) Berikan Penghargaan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) memberikan apresiasi kepada instansi yang patuh dan mengikuti ketentuan perundangan ketenaga nukliran. Bapeten Safety and Security Awards (BSSA) diberikan kepada sejumlah instansi yang bergerak di bidang kesehatan, industri, dan kepala daerah. “Ini juga menjadi indikator untuk menunjukkan bahwa tujuan pengawasan dapat pula meningkatkan kesadaran hukum pengguna tenaga nuklir,” kata Kepala Bapeten, Jazi Eko Istiyanto, didampingi Deputi Perizinan dan Inspeksi Khoirul Huda, serta Direktur Inspeksi Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif Sugeng Sumbarjo, pada acara Anugerah BSSA Bapeten di Jakarta, kemarin.

Menurut Jazi, aspek yang dinilai mencakup penilaian inspeksi, kepatuhan nilai batas dosis, kondisi kejadian dan respons kedaruratan, serta kepatuhan selama proses per­izinan sehingga menjadi indikator kinerja keselamatan, dan keamanan dari suatu instansi. “BSSA secara tidak langsung juga dapat menunjukkan bahwa budaya keselamatan dan disiplin petugas dalam pelaksanaan pemanfaatan tenaga nuklir di suatu instansi telah berjalan dengan baik,” jelas Jazi. “Bapeten memberikan BSSA kepada kepala daerah sebagai wujud apresiasi atas komitmennya dalam membina instansi pengguna tenaga nuklir,” tambah Khoirul Huda.

Anugerah BSSA telah digelar tiga kali. Tahun ini, Bapeten menganugerahkan BSSA kepada 227 instansi.Adapun untuk kepala daerah tingkat provinsi penerima BSSA ialah DI Yogyakarta, Kepri, dan Kaltim. Untuk tingkat kota, di antaranya Tangerang, Yogyakarta, Jakarta Timur, Bandung, dan Batam, sedangkan tingkat Kabupaten, yakni Karawang, Pasuruan, Tangerang, dan Bengkalis.

Dalam kesempatan itu, Bapeten juga meluncurkan Sistem Pelaporan dan Pengaduan Masyarakat terhadap Pelayanan Bapeten (Sippaten). Diharapkan dengan sistem ini masyarakat dapat berpartisipasi memonitor efektivitas, transparansi, dan akuntabilitas pengawasan yang dilakukan Bapeten. (Bay/H-1)

 

_______________________________
Follows Media Kominfo Official :

Fb : Kominfo Karawang/Diskominfokrwkab
IG : @Diskominfokrwkab 
Twitter : @Diskominfokrwkab 
Website : www.karawangkab.go.id