Wakil Bupati Karawang H. Ahmad Zamakhsyari, saat menyematkan Tanda Peserta secara simbolis kepada Peserta Pelatihan Bela Negara (PBN) Tahun 2016 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang

Kegiatan Pelatihan Bela Negara (PBN) merupakan sarana untuk membentuk sikap dan mental Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas di Pemerintah Kabupaten Karawang. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kecintaan dan patriotisme kepada tanah air, membentuk PNS yang memiliki kemampuan awal bela negara, serta meningkatkan kedisiplinan PNS dalam menjalan tugas.
Kegiatan tersebut dilepas secara langsung oleh Wakil Bupati Karawang H. Ahmad Zamakhsyari dan secara simbolis disematkan kepada perwakilan peserta Bela Negara yaitu Kari perwakilan dari Sekertariat Daerah serta Ida dari Dinas Perikanan dan Keluatan yang berlangsung di Plaza Pemkab Karawang, pada Senin (5/9).
Dalam sambutannya Wakil Bupati Karawang menyampaikan, bahwa Bela Negara pada dasarnya merupakan sebuah konsep yang di susun oleh perangkat perundangan dan petinggi suatu negara tentang patriotisme seseorang, suatu kelompok atau seluruh komponen dari suatu Negara dalam kepentingan mempertahankan eksistensi Negara.
“Bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya, baik scara fisik maupun non fisik,” ungkapnya.
Selanjutnya, di dalam proses Pembelaan Bangsa, ada beberapa hal yang menjadi unsur penting, diantaranya adalah : cinta tanah air; kesadaran berbangsa & bernegara;  yakin akan Pancasila sebagai Ideologi Negara;  rela berkorban untuk Bangsa & Negara; serta  memiliki kemampuan awal bela negara.
“Oleh karena itu penyelenggaraan Pelatihan Bela Negara ini dimaksudkan untuk memasyarakatkan bela negara dengan cara memberikan pemahaman yang utuh bagi segenap warga negara akan hak dan kewajiban dalam membela, sedangkan sasarannya adalah: membentuk figur peserta sebagai kader untuk menyebarluaskan bela negara dilingkungannya masing-masing”, pungkasnya.
Pelatihan Bela Negara ini diikuti oleh PNS/ASN yang bekerja pada SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang sebanyak 65 orang. Kegiatan tersebut melibatkan fasilitator dari Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Karawang, Kodim 0604 Karawang, serta Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Karawang, hal tersebut dilaporkan Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Karawang.
Pada kesempatan tersebut hadir pula Sekertaris Daerah Kabupaten Karawang H. Teddy Rusfendi Sutisna, Kepala Bappeda Kabupaten Karawang, para Staf Ahli dan Asisten, serta para Kepala OPD Kabupaten Karawang. (@Gala)