Wakil Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana, saat memberikan Sambutan pada Acara Pesta Rakyat Simpedes BRI Karawang 2014

Sebagai salah satu bentuk apresiasi kepada para nasabahnya, Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Karawang menggelar kegiatan Pesta Rakyat Simpedes. 

Wakil Bupati Karawang dr. Cellica dalam sambutannya menyampaikan, bahwa dirinya sangat menyambut baik diselenggarakannya kegiatan ini, hal tersebut menunjukan bahwa perkembangan BRI di Kabupaten Karawang cukup pesat dan menguntungkan. Selain itu, kegiatan ini juga dapat semakin meningkatkan jalinan kebersamaan antara para nasabah dengan pihak BRI.  Lebih lanjut Wakil Bupati juga mengatakan bahwa kegiatan ini juga sekaligus dapat menjadi wahana untuk merangsang minat masyarakat agar gemar menabung. Terlebih kegiatan ini diselenggarakan di pusat kota,

Wakil Bupati sendiri menilai bahwa secara umum pendapatan masyarakat Karawang semakin meningkat, namun demikian kebiasaan sejumlah masyarakat yang pada umumnya cenderung boros, dan selalu meniru konsumsi orang-orang yang berpenghasilan tinggi, mengakibatkan pengeluaran konsumsi sehari-hari pun terus meningkat. Kondisi ini seringkali berdampak pada persediaan cadangan untuk menjaga kebutuhan yang tidak terduga seperti : biaya untuk berobat, untuk mengembangkan usaha dan memenuhi kebutuhan lainnya menjadi terabaikan.

Selain itu, lanjut Wakil Bupati persoalan klasik lainnya yang membelit Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) pada umumnya adalah : masalah ketersediaan modal, teknologi tepat guna dan pasar, terlebih lagi usaha di sektor informal walaupun usaha mereka dinilai layak (feasible), namun pada umumnya tidak memenuhi syarat teknis perbankan (bankable) untuk mendapatkan kredit.

Kondisi ini mengakibatkan mereka sulit untuk mendapatkan dana pinjaman dari bank, walaupun sebetulnya mereka memiliki kemampuan untuk mencicil, apabila diberikan pinjaman dari bank, karena kesulitan mendapatkan modal, akhirnya mereka meminjam ke bank keliling, yang tingkat bunganya cukup tinggi, sehingga bertahun-tahun skala bisnisnya tetap saja kecil. “Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya  juga berharap keberadaan BRI dan bank-bank lainnya dapat turut membantu memberikan kemudahan kepada para pelaku UMKM, dengan menjadikan mereka sebagai kelompok usaha binaan perusahaan,” tambahnya. ( By : Iki )