Wakil Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana, saat membuka kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar Tahun 2014

Pendidikan Kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup dan akhlak mulia Pramuka melalui penghayatan dan pengamalan nilai – nilai Kepramukaan. Pendidikan Kepramukaan berisi perpaduan proses pengembangan nilai sikap sebagaimana diamanatkan oleh Permendikbud RI Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai kegiatan Ekstrakulikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, bahwa Pembina Pramuka adalah Guru Kelas/Guru Mata Pelajaran yang telah memperoleh Sertifikat paling rendah Kursus Mahir Dasar atau Pembina Pramuka yang bukan Guru Kelas /Guru Mata Pelajaran, selanjutnya Guru Kelas/Guru Mata Pelajaran yang melaksanakan tugas tambahan sebagai Pembina Pramuka dihitung sebagai bagian dari pemenuhan beban kerja Guru dengan beban kerja paling banyak dua jam pelajaran perminggu.

Berdasarkan hal tersebut Pramuka Kwartir Cabang Karawang menyelenggarakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar Tahun 2014 yang secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Karawang, dr.Cellica Nurrachadiana yang pada kesempatan itu bertindak selaku pembina upacara dengan prosesi penyematan tanda peserta kepada perwakilan peserta di Aula SMAN 5 Karawang, senin (13/10).

Dalam sambutannya Wakil Bupati Karawang menyampaikan, “Sebagai suatu organisasi, Gerakan Pramuka khususnya Kwartir Cabang Karawang, telah banyak memberikan andil besar dalam pembangunan yang telah dan sedang berlangsung di Kabupaten Karawang terutama dalam hal penyiapan kader-kader bangsa yang berkualitas. Eksistensi dan peranan gerakan pramuka tampak dari peran aktif Gerakan Pramuka yang banyak melibatkan anggota Pramuka dalam berbagai kegiatan positif yang tentunya sangat bermanfaat tidak hanya bagi anggota Pramuka saja, terlebih dengan pelaksanaan kegiatan kursus pembina Pramuka yang kita selenggarakan ini”, imbuhnya.

Lanjutnya, “Untuk itu, segenap keluarga besar Gerakan Pramuka, keberlangsungan suatu organisasi salah satunya ditentukan oleh faktor Sumber Daya Manusia yang terlibat didalamnya. Faktor ini memegang peranan yang sangat dominan karena menyangkut kapabilitas dan kredibilitas organisasi tersebut dalam mengimplementasikan berbagai rencana kegiatan yang telah disusun sesuai dengan peranan dan fungsinya, baik bagi intern organisasi maupun bagi masyarakat luas. Oleh karena itu, upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia menjadi hal yang sangat prioritas untuk dilaksanakan melalui pemberdayaan berbagai potensi yang dimiliki oleh suatu organisasi, tak terkecuali bagi Gerakan Pramuka di Kabupaten Karawang” tandasnya.

Namun demikian Wabup menambahkan, “Berkaitan dengan uraian di atas, Saya sampaikan dukungan atas kegiatan ini, secara pribadi saya memandang bahwa, pelaksanaan kegiatan ini merupakan suatu upaya berkesinambungan organisasi gerakan pramuka guna memberdayakan diri melalui peningkatan segenap potensi sumber daya yang dimiliki oleh para pembina. Dengan harapan pada akhirnya nanti para peserta akan memiliki pengabdian dan tanggungjawab yang besar terhadap masa depan bangsa dan negara Indonesia “. Tegasnya.

Sementara itu Drs. Hari Radianto selaku Ketua Penyelenggara menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal praktis dalam membina Pramuka. Adapun sasaran kegiatan ini, yaitu : (1) Peserta mampu memahami, menghayati serta melaksanakan AD & RT Gerakan Pramuka; (2) Menjelaskan tentang Kepramukaan serta perkembangannya; (3) Menerapkan Kepramukaan secara efektif dan efisien dalam membina Pramuka sebagai golongannya; (4) Membina pengembangan mental, fisik, intelektual, emosional dan sosial sesuai golongannya sehingga peserta mampu berperan positif dalam masyarakat dan lingkungannya; (5) Menerapkan kepemimpinan yang dijiwai dan bersumber pada Prinsip Dasar Kepramukaan dan Kode Kehormatan Pramuka; dan (6) Peserta dapat mengelola Program Kegiatan Peserta Didik (PRODIK) sesuai golongannya dan mengelola satuan. Kemudian Hari juga menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini berlangsung di dua tempat, yaitu SMAN 5 Karawang mulai tanggal 13 s.d 16 Oktober 2014 dan di Bumi Perkemahan Panaruban Kabupaten Subang mulai tanggal 17 s.d 18 Oktober 2014. sedangkan untuk tim pelatih berasal dari para pembina Pramuka yang bersertifikat KPD dan KPL dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Karawang. (@opa)