Wakil Bupati Karawang bersama Kapolres Karawang, saat menghadiri kegiatan Lomba Cipta Desa Aman di Kecamatan Cikampek, Kota Baru dan Tirtamulya

Guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan di lingkungan masing- masing, Polres Karawang menggelar Lomba Cipta Desa Aman, pelaksanaan kegiatan di Desa  yang ditunjuk oleh Kecamatan masing masing. Pada kesempatan kali ini setelah pada akhir pekan lalu meninjau Desa di Kecamatan Batujaya dan Pakisjaya, Kapolres Karawang bersama Wakil Bupati meninjau pelaksanaan Lomba Cipta Desa Aman di Kecamatan Cikampek, Kotabaru dan Tirtamulya pada Jumat (21/11) malam.
"Lomba Cipta Desa Aman yang berlangsung selama dua bulan ini digelar bukan karena kondisi desa-desa tidak aman," kata Kapolres Karawang AKBP Daddy Hartadi, usai peresmian Lomba Cipta Desa Aman,  alasan digelarnya Lomba Cipta Desa Aman adalah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan dilingkungannya.
Menurut dia, menjaga keamanan lingkungan pada dasarnya bukan hanya tugas Polisi. Jika keamanan hanya menjadi tugas Polisi, itu akan sulit karena personel Polres Karawang hingga kini terbatas. Kapolres juga mengingatkan agar  Pemerintah Desa yang tersebar di Karawang bisa membangun Pos Ronda atau Pos Siskamling di daerahnya masing-masing. "Kegiatan Ronda itu diperlukan untuk menjaga keamanan lingkungan, karena kegiatan itu merupakan bagian dari upaya deteksi dini terhadap tindak kejahatan dan gangguan keamanan," katanya.
Sementara itu Wakil Bupati berpendapat “kegiatan Lomba Cipta Desa Aman, saya sangat mendukung pelaksanaannya, karena ini adalah kegiatan sangat positif untuk bisa meningkatkan kebersamaan kekompakan masyarakat, dengan kita melaksanakan ronda, maka akan tercipta desa yang aman. Karena keamanan adalah adalah tanggungjawab bersama, Polisi ialah sebagai leading sector, karena dalam eksistingnya sendiri Polsek setingkat Kecamatan hanya 20-30 personil, sedangkan warga ribuan skala sendiri 1 : 1000 namun idealnya sebernarnya hanya 1:200, maka dari itu dituntut untuk partisipasi masyarakat setempat menjaga lingkungannya masing-masing. Kemudian mengenai sarana Poskamling ini amat sangat perlu dimanfaatkan, aktifkan terus Poskamling, maka Desa yang amanpun dengan sendirinya tercipta. Saya himbau kita perlu bahu membahu untuk kepentingan masyarakat bersama”imbuhnya. Untuk agenda sendiri rencananya malam ini Sabtu (22/11) Lomba Cipta Desa Aman di gelar di Kecamatan Pangkalan dan Tegalwaru. (Iki)