Ketua TP PKK Kabupaten Karawang Hj. Nurlatifah, saat menghadiri kegiatan Workshop Alat Peraga Edukasi

Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) bersama Disdikpora menggelar Work Shop Sehari Alat Peraga Edukasi. kegiatan itu bertujuan meningkatkan keterampilan guru-guru PAUD serta Kader TP PKK Tingkat Desa dan Kecamatan se Kabupaten Karawang. TP PKK Kab Karawang sebagai mitra Pemerintah bekerjasama dengan leading sektor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga yaitu Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal menggelar Workshop sehari Alat Peraga Edukasi, kegiatan ini berlangsung di Kantor Bupati Karawang Aula Lantai III pada Rabu (30/4), di buka langsung oleh Ketua TP PKK Kab. Karawang Hj Nurlatifah, dari jajaran Disdikpora hadir Kabid PNFI Disdikpora Amid Mulyana.

Dalam Sambutannya Ketua TP PKK Karawang Hj. Nurlatifah mengatakan, dunia anak adalah dunia bermain, atas dasar itu saat ini ditempat-tempat fasilitas umum tersedia tempat bermain untuk anak. Jika melihat fenomena saat ini, di daerah permainan tradisional itu sudah langka, sebab sudah jarang anak-anak memainkan permainan tradisional. “Dengan diadakannya work shop alat peraga edukasi ini, bisa mendukung perkembangan anak dalam perkembangannya, selain itu bisa menunjang anak-anak bermain dan belajar,”ujarnya.

Dikatakan lebih lanjut, anak-anak harus diberi kesempatan bermain tanpa adanya pembatasan. Hal itu untuk bisa meningkatakan kecerdasan emosional dan intelektual secara seimbang. oleh sebab itu para pendidik harus lebih kreatif dalam mengajar, jangan hanya monoton memberikan pengajaran tapi harus memberikan permainan yang mendidik. “Sebab banyak bahan yang bisa digunakan untuk membuat permainan seperti kardus, plastic, dan lainnya,” katanya.

Dijelaskan, hal itu bisa sangat bermanfaat dan hemat untuk membuat alat peraga edukatif bagi anak. selain itu, alat peraga yang murah juga bisa meningkatkan kreatifitas, imajinasi dan psikomotorik pada anak, terakhir Bunda berikan apresiasi sebesar-besarnya dan ucapkan terima kasih kepada Disdikpora dan TP PKK Tk. Desa hingga Kecamatan se Kabupaten Karawang, dengan begitu Anak-anak Usia Dini di Kabupaten Karawang bisa bertumbuh secara proporsional usianya tidak dengan nonton TV yang belum tentu tontonannya melatih perkembangan anak-anak.

Sementara itu, dalam laporannya, Ketua Pelaksana, Ibu hadis mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan Program Kerja dari  TP PKK Kab Karawang. Dengan bertujuan menambah keterampilan para kader bekerjasama dengan disdikpora yang juga melatih Guru-guru PAUD se Kab. Karawang, melalui tutor PAUD, kegiatan ini diikuti oleh TP PKK desa dan kecamatan se Karawang.