Pelaksanaan Kegiatan Pawai Obor atau Taptu, dalam rangka HUT RI Ke 69

Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Kabupaten Karawang memiliki sejumlah tradisi yang rutin diselenggarakan guna menyebarkan nilai-nilai kepahlawan kepada masyarakat Karawang. Selain Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Gelar Senja, tradisi-tradisi lainnya yang rutin dilaksanakan di Kab. Karawang adalah Taptu (Pawai Obor) serta Renungan Suci dan Ziarah Makam di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kab. Karawang.
Taptu atau Pawai Obor digelar setiap tanggal 16 Agustus pada pukul 18.30 WIB. Kegiatan ini diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai unsur, seperti TNI, Polri, Pegawai Negeri Sipil (PNS), Satuan Polisi Pamong Praja, serta para mahasiswa, pelajar, pramuka, dan organisasi kemahasiswaan dan pelajar lainnya. Keunikan dari kegiatan ini adalah bahwa seluruh peserta membawa obor yang menyala.
Kegiatan diawali dengan upacara pelepasan para peserta pawai yang dipimpin oleh Dandim 0604/Karawang, Letkol Armed Wahyu Widodo S.Sos. dan disaksikan oleh Wakil Bupati dr.Cellica Nurachdiana, serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah lainnya. Sebelum berangkat, para peserta terlebih dahulu menyalakan obor secara berurutan, mulai dari peleton pasukan paling depan dan menjalar hingga peleton pasukan paling belakang.
Suasana malam disepanjang jalan yang dilintasi oleh para peserta pawai obor tersebut terlihat sangat dramatis. Gelapnya malam diwarnai oleh api obor yang menyala serta nyanyian lagu-lagu perjuangan yang dikumandangkan para peserta membuat keadaan semakin syahdu. Hal ini sangat sesuai dengan tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut, yaitu untuk membangkitkan kembali semangat perjuangan masyarakat.
Selain Taptu, kegiatan lainnya adalah Renungan Suci dan Ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Karawang. Kegiatan ini berlangsung tepat pada pergantian hari pada tanggal 17 Agustus pukul 00.00 WIB. Kegiatan ini dipimpin oleh Kapolres Karawang, AKBP. Daddy Hartadi, serta turut dihadiri oleh Wakil Bupati dr.Cellica Nurachdiana, serta seluruh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kab. Karawang. Sedangkan peserta lainnya adalah para PNS, anggota TNI, dan Polri.
Renungan Suci dan Ziarah Makam tersebut dilakukan guna mengenang kembali jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur demi merebut kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari tangan penjajah. Melalui kegiatan ini, kita sebagai generasi penerus diharapkan dapat meneladani sikap, semangat, dan pengorbanan yang telah dilaksanakan oleh para pahlawan.
Tidak ada yang mengetahui secara pasti sejak kapan kedua tradisi tersebut dilaksanakan di Kabupaten Karawang dalam rangka memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Namun demikian tradisi tersebut masih terus berlangsung hingga saat ini, dan akan terus dipertahankan di masa-masa yang akan datang. Dengan harapan, pengorbanan yang telah dilakukan para pahlawan tersebut tidak akan sia-sia, melainkan akan terus diingat, dan dilanjutkan oleh generasi penerus bangsa berikutnya.(@opa)