Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana, saat memberikan Sambutan pada kegiatan Lomba Desa Tingkat Provinsi di Desa Cariumulya Kec. Telagasari

Pemerintah Kabupaten Karawang mengapresiasi dengan adanya Perlombaan Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat. Hal ini dapat terlihat dengan ikutsertanya pada perlombaan baik Lomba Kelurahan yang diwakili Kelurahan Karawang Wetan pada Selasa lalu dan Lomba Desa yang diwakili oleh Desa Cariumulya, pada Kamis (19/5) bertempat di Kantor Desa Cariumulya.
Pada kesempatan tersebut hadir Ketua TP PKK Kabupaten Karawang, Ketua DWP Kab. Karawang, Ketua BPMPD Provinsi Jawa Barat sekaligus Ketua Rombongan Tim Penilai Lomba Desa, Asisten Pemerintahan Setda Kabupaten Karawang, Camat Telagasari, seluruh kepala OPD.
Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana dalam sambutannya menyampaikan, bahwa desa memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pembangunan, karena desa memiliki berbagai potensi yang bisa dikembangkan untuk memajukan pembangunan di desa, seperti yang dimiliki oleh  Desa Cariumulya yang memiliki aneka ragam potensi yang bisa dikembangkan termasuk bidang seni yang tentunya dapat menjadi representasi dari inovasi yang dilakukan desa dan bisa menjadi contoh bagi desa lainnya yang ada di Kabupaten Karawang untuk menunjukan prestasi dan kinerjanya.     
Desa Cariumulya ini merupakan salah satu desa yang direkomendasikan untuk mengikuti lomba desa di Tingkat Provinsi Jawa Barat. “Mudah-mudahan ini adalah do'a kita semua, Desa Cariumulya bisa berhasil di Tingkat Kabupaten Karawang dan ke depan memperoleh penilaian menjadi Desa terbaik serta menjadi juara di Tingkat Provinsi Jawa Barat”, Ujar dr. Cellica.
Indikator penilaian lomba desa tercermin dalam Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 bahwa indikator penilaian meliputi pemerintahan, kemasyarakatan dan kewilayahan. “Tentunya hal itu menjadi pedoman bagi 297 desa di Kabupaten Karawang, agar dapat meningkatkan pelayanan publik sebagai parameter keberhasilan desa tersebut”, Tegasnya.
Hal tersebut dipertegas pula oleh Kepala BPMPD Provinsi Jawa Barat Ir. Kusmayadi Tatang, menyampaikan bahwa “Proses penilaian lomba desa ini melibatkan seluruh unsur masyarakat desa baik pemerintah maupun non pemerintah disetiap tingkatan guna memperlihatkan sinergitas satu sama lain”, Ujarnya.
Selanjutnya Kepala BPMPD menekankan “Namun yang terpenting terobosan atau inovasi oleh desa dalam rangka pemecahan permasalahan yang dihadapi”. Hal itu sejalan pula dengan apa yang disampaikan oleh Bupati Karawang “Inovasi yang sudah dilakukan oleh Desa Cariumulya ini sebagai salah satu contohnya : Ibu-Ibu PKKnya dapat memainkan alat musik gamelan dan terlihat langsung bahwa hal tersebut merupakan sebuah inovasi dalam bidang kesenian”, ujarnya.
Melalui perlombaan Kelurahan/Desa Tingkat Provinsi Jawa Barat ini dapat melahirkan sebuah terobosan atau inovasi yang baik oleh Desa bagi peningkatan pelayanan publik sehingga dapat mensejahterkan seluruh masyarakat khsusunya Kabupaten Karawang. (@Gala)