Sekda Kab.Karawang H. Teddy Rusfendi Sutisna, saat memberikan Sambutan dalam kegiatan Seminar Kesehatan tentang Kanker Pada Wanita

Dalam rangka Hari Kanker Sedunia tahun 2014,

Kabupaten Karawang melalui Dinas Kesehatannya turut berpartisipasi dalam rangka memerangi kangker dengan tema “Hilangkan Mitos Tentang Kangker” yang lebih diprioritaskan pada deteksi dini Kanker Leher Rahim dan Kanker Payudara sebagai penyebab kematian pertama akibat Kangker.

Seminar tersebut digelar di Aula Gedung Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang Kamis (06/2), dalam kesempatan tersebut hadir Sekda Kabupaten Karawang H.Teddy Rusfendi Sutisna didampingi Asisten Pembangunan H.Ramon Wibawa Laksana serta tamu undangan lainnya sebanyak 230 orang yang mayoritas perempuan.

Dalam sambutannya Sekda menyampaikan, bahwa Pemerintah Daerah turut menetapkan salah satu Misi Pembangunan Bidang Kesehatan, yang antara lain memelihara dan meningkatkan pelayanan kesehatan yang bermutu, merata dan terjangkau, dimana salah satu sasaran strategis dari misi tersebut adalah meningkatkan kualitas sumber daya Manusia, yang didukung oleh perilaku masyarakat yang proaktif dalam memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah resiko terjadinya penyakit, melindungi diri dari ancaman penyakit serta berpartisipasi aktif dalam gerakan kesehatan masyarakat” imbuhnya.

Lebih lanjut Sekda menambahkan, melalui hal ini, pelaksanaan program pembangunan kesehatan di Kabupaten Karawang salah satunya diarahkan pada upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan diri dan lingkungan. Hal ini sangat penting karena kesehatan seseorang sangat dipengaruhi oleh perilaku diri dan lingkungan, sedangkan keturunan, serta infrastuktur dan fasilitas pelayanan kesehatan hanya menjadi faktor penunjang saja”, tuturnya.

Sementara itu dalam Laporannya Ketua Penyelenggara menyampaikan, mengenai latar belakang dilaksanakan seminar ini yaitu, setiap tahun kurang lebih 12 Juta orang diseluruh dunia menderita Kanker dan 7,6 Juta diantaranya meninggal dunia karena Kanker, untuk itu jika tidak dikendalikan, maka pada tahun 2030 diperkirakan 26 juta orang akan menderita Kanker dan 17 juta diantaranya akan meninggal dunia, sedangkan tujuan secara umum dari seminar ini adalah, meningkatnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang penyakit Kangker Rahim dan Kangker Payudara. Sedangkan Narasumber dalam seminar ini disampaikan oleh Dr.Unggul Yudhatmo SpOg dan Dr.Yusuf Heriyadi.SpB (k) Onk. (@opa)