Pj. Bupati Karawang Ir. Deddi Mulyadi, saat menghadiri kegiatan Rapat Minggon Tingkat Kecamatan di Kecamatan Tegalwaru

Pj.Bupati Karawang Ir. Deddi Mulyadi melaksanakan monitoring ke Kecamatan Pangkalan, Telukjambe Barat  dan Tegalwawu, serta  berkesempatan menghadiri kegiatan Rapat Minggon Tingkat Kecamatan bertempat di Kecamatan Tegalwaru pada Selasa.(19/1),   sekaligus untuk meninjau langsung kondisi insfrastruktur di wilayah selatan Kabupaten Karawang. Pada kesempatan tersebut Pj.Bupati menyampaikan, bahwa tujuannya menghadiri rapat Minggon di Kecamatan Tegalwaru yaitu  untuk  menjalin silaturahim dengan semua pihak demi lancarnya roda Pemerintahan Daerah Kabupaten Karawang, serta untuk lebih mengenal masyarakat baik dari kebudayaannya maupun potensi wilayahnya.Kehadiran Pj.Bupati  dalam rapat minggon tersebut, dimanfaatkan oleh para peserta Minggon untuk mengajukan berbagai pertanyaan, serta masukan terhadap berbagai permasalahan yang ada, khususnya terkait kebijakan-kebijakan strategis yang harus diambil oleh Pemerintah Daerah ke depan. Dalam dialog dengan para Aparat Desa dan tokoh masyarakat  ataupun warga di ketiga Kecamatan tersebut, mereka berharap agar Pemerintah Daerah dapat segera menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada, seperti kerusakan infrastruktur jalan, jembatan,  pemerataan pembangunan kecamatan, serta pengembangan objek wisata.

Menyikapi permohonan tersebut, Pj.Bupati menginformasikan bahwa  pada dasarnya pihak Pemerintah Kab. Karawang menginginkan adanya program pembangunan yang berbasis pedesaan. Hal ini dilakukan melalui pembangunan berkeadilan sehingga hasilnya dapat dirasakan seluruh bermasyarakat., Untuk itu, diperlukan peran aktif dari  semua pihak, tidak hanya kritik, melainkan juga ide-ide cemerlang. Secara umum Pj.Bupati dan para Kepala OPD merespons keinginan serta usulan warga dengan catatan bahwa untuk pelaksanaan Musrenbang tahun 2016 seluruh Desa dapat mengajukan usulan program kegiatan untuk tahun 2017. Hal ini sangat penting agar dalam Musrenbang Tingkat Kabupaten dapat mengkaji secara seksama setiap usulan dari masyarakat sesuai skala prioritas.

Kegiatan Minggon Kecamatan secarai rutin dilaksanakan setiap minggu, yaitu pada hari Selasa, dimana para Aparatur Pemerintah Kecamatan/Desa,  tokoh agama, dan tokoh masyarakat bertemu muka guna membahas berbagai permasalahan yang muncul di masyarakat. Kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai sarana untuk menyerap aspirasi masyarakat secara langsung dari bawah atau sering dikenal dengan istilah bottom up.

Rapat Minggon tersebut dihadiri  Asisten Pembangunan, Kepala Bapeda, Kadin Cipta Karya, perwakilan dari Dinas Bina Marga dan Pengairan, BPBD, Camat Tegalwaru, Camat Pangkalan, Camat Telukjambe Barat, Tim Penggerak PKK, seluruh Kepala Desa dari Tiga Kecamatan. Setelah menghadiri Minggon tersebut, Pj.Bupati beserta rombongan menyempatkan tinjau langsung objek wisata Grand Canyon yang berada di wilayah Kecamatan Pangkalan.(@opa)