Setiap tahun, tepatnya tanggal 25 Nopember diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Hal itu ditetapkan oleh pemerintah Republik Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, disamping sebagai PGN juga ditetapkan sebagai hari lahirnya Persatuan Guru Republik Indonesia  (PGRI). Atas dasar itu, PGRI Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang gelar Gerak Jalan dengan peserta guru, murid dan masyarakat sekitar, pada Sabtu (21/11), bertempat di sekitar Kantor Kecamatan Rawamerta, dalam kesempatan tersebut hadir Plt. Bupati Karawang.
Dalam sambutannya Plt. Bupati Karawang dr. Cellica menjelaskan, bahwa peran guru dalam sejarah bangsa Indonesia sungguh sangatlah besar, pasalnya guru merupakan salah satu faktor strategis dalam menentukan keberhasilan pendidikan yang meletakan dasar serta turut mempersiapkan peserta didik untuk masa depan bangsa, guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Sosok yang tidak boleh kita lupakan selain orang tua yaitu guru. Guru itu tokoh yang tidak boleh disebut bekas guru, semisal beliau ialah bekas guru SMA, itu sangat akan saya tegur karena guru itu tidak ada bekasnya, lebih baiknya yakni beliau adalah Guru SMA saya. 
Mengenai Gerak jalan ini, Pemkab apresiasi tergelarnya acara ini, artinya kesolidan dari jajaran PGRI Kecamatan Rawamerta sudah terbukti, diharapkan dengan adanya kegiatan ini yakni olahraga maka guru-guru dan murid juga tetap sehat serta kegiatan belajar mengajar dapat tercipta dengan jiwa dan fisik yang sehat, kemudian dapat juga memupuk silahturahim, mampu mewujudkan guru dan murid menuju generasi penerus bangsa untuk menjadi generasi emas. Atas nama Pemkab menyampaikan terima kasih kepada para guru dan insan pendidikan yang telah dengan penuh ketelatenan mengantarkan anak-anak di Kabupaten Karawang untuk dapat menjadi generasi yang cerdas dan berakhlakulkarimah juga tentunya. (Iki)