Plt. Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana, saat mengukuhkan Anggota Paskibraka HUT Kemerdekaan RI ke 70 Tahun 2015

Setelah menjalani latihan intensif selama dua minggu, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang akan bertugas pada Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 70 Tingkat Kabupaten Karawang akhirnya secara resmi dikukuhkan. Pengukuhan dilakukan secara langsung oleh Plt. Bupati Karawang dr.Cellica Nurrachadiana dan disaksikan oleh jajaran Forkominda Kabupaten Karawang, bertempat di Plaza Pemda Karawang, Kamis (16/8).
Upacara dimulai pukul 20.00 WIB setelah selesai diberangkatkannya para peserta TAPTU (Pawai Obor) pukul 18.30 WIB di Markas Kodim 0604/Karawang, upacara pengukuhan anggota Paskibraka segera dimulai di Plaza Pemda Karawang.
Suasana di Plaza Pemda Karawang sendiri mulai terasa khidmat saat upacara pengukuhan mulai berlangsung. Dengan kondisi senja menjelang malam, ditambah cahaya dari obor di sejumlah titik, satu persatu anggota Paskibraka Kabupaten Karawang mulai dikukuhkan. Usai kata-kata pengukuhan yang dibacakan oleh Dandim 0606/ Karawang, masing-masing anggota Paskibraka tersebut mulai bergantian mencium bendera Sang Saka Merah Putih.
Plt.Bupati Karawang, dalam sambutannya mengatakan, bahwa anggota Paskibraka adalah pemuda dan pemudi terpilih dari sekian banyak pelajar di Kabupaten Karawang. Hal ini tentunya merupakan kebanggaan tersendiri bagi mereka yang terpilih, karena mendapatkan kehormatan dan kepercayaan yang begitu tinggi pada hari bersejarah ini. Hal ini tentu akan menjadi tonggak penting bagi mereka untuk melangkah ke depan dalam mempersiapkan diri menjadi putra-putri terbaik bangsa.
Lebih lanjut Plt.Bupati mengatakan bahwa pemuda-pemudi Kabupaten Karawang yang mampu tampil melanjutkan kepemimpinan bangsa, adalah para pemuda dan pemudi yang cerdas, terampil, berbudi pekerti luhur, memiliki ilmu pengetahuan yang luas, sehat rohani dan jasmaninya, beriman dan bertaq’wa kepada Allah SWT, rukun satu sama lainnya serta memiliki semangat untuk mengabdi kepada bangsa, negara dan masyarakat. Kesemuanya itu, tentunya harus diperjuangkan sejak dini, karena selain memerlukan pengorbanan, juga memerlukan niat, tekad, semangat dan kerja keras yang tinggi serta keuletan dan ketekunan dari para pemuda dan pemudi itu sendiri.
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab, Karawang, Drs.Dadan Sugaradan menjelaskan bahwa sebelum dikukuhkan, para anggota Paskibraka tersebut telah menjalani latihan intensif selama dua minggu, sejak tanggal 5 Agustus 2015. Pelatihan sendiri bermaterikan teori sebanyak 30 persen, dan praktek sebanyak 70 persen. “Para anggota Paskibraka sendiri terdiri dari para siswa dari berbagai sekolah di Kab. Karawang yang telah melalui proses seleksi intensif.