Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana, saat menghadiri kegiatan Pelangi Nusantara Tahun 2016

Acara bertajuk Pelangi Nusantara dalam peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke- 71 di gelar Minggu malam (29/8) berlangsung sangat meriah. Terdapat lebih dari 600 orang dari berbagai umat beragama di Karawang memenuhi halaman Pura Agung Sangga Bhuwana Karawang, Resinda. Acara yang dilaksanakan tiap tahun secara bergiliran dari semua agama, malam itu menampilkan pagelaran seni dan budaya yang khas dari semua agama.
Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana  hadir bersama Kapolres Karawang AKBP Andi Moch Dicky PG, S.Sos,S.IK,MH., dalam sambutannya menyampaikan  harapan atas adanya keberadaan berbagai agama yang ada di Karawang harus dapat menumbuhkan rasa solidaritas dan kasih sayang demi kemajuan Karawang.
“Meskipun kita berbeda agama, kita harus menjadikan Karawang sebagai milik kita semua. Kita harus bersama-sama membangun demi kemajuan Karawang,” jelasnya.
Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama  (FKUB) H. Tajuddin Noor dalam sambutannya menyampaikan arti pentingnya persaudaraan antar umat sebagai kekuatan sebuah bangsa. Perbedaan SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) harus mampu dikelola menjadi potensi dengan baik dengan menjunjung tinggi persamaan dengan menanggalkan adanya keberbedaan.
”Yang harus kita junjung adalah nilai-nilai kemanusiaan, keadilan, kesejahteraan dan kebangsaan, sebagai nilai-nilai universal. Keberbedaan menjadi keniscayaan yang harus kita tanggalkan,” ungkapnya
Dalam rangkaian acara ini, masing-masing perwakilan agama di beri waktu untuk menyampaikan untaian kata yang berisi peneguhan arti pentingnya kebersamaan. Dan dari tiap perwakilan tersebut memberikan sebuah pementasan seni pertunjukan yang semakin menambah semaraknya acara tersebut.
Pada acara ini, seni dan budaya ditampilkan oleh masing-masing agama antara lain, Marawis, Tari Tor-Tor, Tari khas Bali yaitu tari cenderawasih dan berbagai pertunjukan seni lainnya. (@maya)