Sosialisasi Akreditasi PAUD

Bunda PAUD Kab. Karawang Hj. Nurlatifah, saat menghadiri Kegiatan Sosialisasi Akreditasi Lembaga PAUD

Guna untuk meningkatkan kualitas lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Karawang, yang lebih dikenal dengan (PAUD Non Formal) dan juga sebagai salah satu bagian proses layanan pendidikan dalam rangka mempersiapkan anak didik untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya. Mengingat pentingnya Pendidikan PAUD ini maka Pemerintah Kabupaten Karawang melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, pada Senin (3/3) menggelar Sosialisasi Akreditasi PAUD yang akan dilaksanakan di Kabupaten Karawang. Pada saat ini Persatuan Guru PAUD yang bernaung dibawah organisasi HIMPAUDI Kab Karawang berkumpul untuk menghadiri Sosialisasi ini. Bertempat di Gedung Serbaguna PGRI Cabang Cilamaya Wetan.

Pada kesempatan itu acar tersebut dihadiri oleh Bunda PAUD Kab. Karawang Hj. Nurlatifah Swara didampingi Jajaran Pemerintahan seperti Kepala Bidang PNFI Disdikpora Kab. Karawang Amid Mulyana. Peserta Sosialisasi terdiri dari 150 orang dari 139 Lembaga terdiri dari 5 Kecamatan yang ada di Kabupaten Karawang, dan akan dilakukan dengan gelombang yang berbeda perwilayahnya. Diserahkan pula simbolis bantuan alat peraga edukatif PAUD.

Pada kesempatan tersebut Bunda PAUD Hj. Nurlatifah menyampaikan pesannya, menurut Bunda “Akreditasi ini merupakan suatu instrument untuk menata Lembaga PAUD yang sesuai standart dan guna untuk memberikan layanan optimal dalam mendidik Anak Usia Dini, kemudian perlu kita ketahui bersama baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah memberikan perhatian lebih, seperti pada APBD Kab Karawang mencapai Rp. 4,7 milyar, sebagai bunda PAUD, ini adalah upaya yang sudah maksimal seperti juga diketahui mulai tahun kemarin ada inovasi baru, saya sebagai Bunda PAUD mengajukan kepada Pemkab melalui Disdikpora untuk memberikan Insentif kepada Guru-guru Tingkat PAUD, atas dasar itu saya menginginkan kepada para Guru PAUD agar bisa berkomitmen, untuk terus berkarya, sehingga Himpaudi ini sebagai organisasi mitra Pemerintah bisa membantu untuk membentuk seluruh lembaga PAUD yang berkualitas.” Ujarnya

Sementara itu dari perwakilan Disdikpora Kab Karawang, Kepala Bidang PNFI mengatakan “kami dari PNFI melakukan kegiatan ini sesuai dengan apa yang dirancang yang berencana akan dilaksanakan di tahun 2014, nantinya akreditasi ini dinilai dari beberapa aspek  dan dinilai secara akumulatif, dan juga bisa berguna untuk motivasi para pengelola PAUD, agar bisa terus meningkatkan kualitasnya, mengenai insentif Guru PAUD yang katakan Bunda PAUD yang sudah diterima sejak tahun lalu, dan insya Allah pada tahun ini untuk Triwulan 1 akan cair  diusahakan pada waktu yang tidak melewati bulan Maret. Kemudian setelah pada tahun 2013 lalu pernah membuat Rekor MURI. Di tahun 2014 ini juga kami akan rencanakan kegiatan Gebyar PAUD Kab Karawang pada bulan Mei nanti dan akan dijadikan ajang moment pengukuhan Hj. Nurlatifah Swara menjadi Bunda PAUD Kab Karawang seperti di daerah lain juga lakukan.” Tuturnya (IKI)