Sebuah akun palsu tengah melancarkan aksi tipu-tipu memanfaatkan popularitas Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana di Facebook Masyarakat pun diminta waspada

Karawang,- Sebuah akun palsu tengah melancarkan aksi tipu-tipu memanfaatkan popularitas Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana di Facebook. Masyarakat pun diminta waspada karena pemilik akun itu kerap meminta sumbangan melalui private message. "Tolong partisipasinya mau adakan baksos buat anak yatim dan jompo," tulis akun tersebut kepada seorang warganet.
Pemilik akun meminta calon korbannya untuk menyumbang uang melalui rekening Bank BRI Nomor Rek. 42450 1014350538 atas nama Amah Sarimanah. "Ya ini lagi kumpulkan penggalangan dana bagi yang ingin menyumbang," tulis pemilik akun.
Untuk mengelabui warganet, akun tersebut menggunakan foto profil Bupati Cellica yang berseragam putih. Akun itu juga memuat foto bupati saat sedang berpose dengan anak dan keluarganya.
Jika lebih jeli, kita bisa langsung tahu jika akun tersebut bukan milik Bupati Cellica. Pasalnya pemilik menamai akun itu dengan ejaan Cellica Nurachadianna. Penulisan nama yang keliru mengingat nama bupati Karawang seharusnya ditulis Cellica Nurrachadiana.
Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengonfirmasi jika akun tersebut adalah palsu. "Hati - hati akun palsu. Mohon bantuannya untuk melaporkan bahwa akun tersebut adalah palsu. Jangan sampai ada korban," kata Bupati melalui status facebooknya.
Mencegah lebih banyak korban, bupati lalu mengunggah tangkapan layar private message saat pemilik akun itu membujuk warganet untuk mentransfer uang.
Berdasarkan penelusuran, akun tersebut mengganti foto profil menggunakan foto bupati pada Rabu tengah hari (4/7/2018), sekitar pukul 12.00 WIB. Hingga berita ini ditulis, akun tersebut memiliki 101 teman. (diskominfo)