Asisten Administrasi Pembangunan H. Hadis Herdiana, saat membuka kegiatan Pelatihan Kewirausahaan yang diprakarsai  oleh DPD KNPI Karawang

Asisten Pembangunan Setda Kabupaten Karawang Hadis Herdiana yang mewakili Bupati Karawang membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Kewirausahaan yang diprakarsai oleh KNPI Kabupaten Karawang Tahun 2016, bertempat di Britz Hotel Karawang pada Selasa (20/12). Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Dandim 0604 Karawang dan Polres Karawang, serta Ketua DPD KNPI Kabupaten Karawang.
Dalam sambutan tertulis Bupati Karawang yang dibacakan oleh Asisten Pembangunan menyampaikan, bahwa seminar kewirausahaan ini tentunya merupakan sarana untuk membangkitkan semangat kewirausahaan bagi kaum muda agar mampu membaca berbagai peluang usaha di era teknologi dan globalisasi saat ini. Dengan Motto ‘Yang Muda Yang Berkreasi’ harus menjadi spirit dari setiap individu keluarga besar KNPI Karawang dalam upaya mengembangkan potensi sekaligus membuka peluang usaha kreatif yang bukan hanya memberi keuntungan secara individu tetapi mempu menciptakan lapangan usaha bagi orang lain.
Dalam konteks pengembangan sektor ekonomi kerakyatan, pengembangan kewirausahaan, khususnya UKM di Kabupaten Karawang mencapai 38.994 UKM dan  merupakan kelompok potensial sektor perekonomian masyarakat yang harus terus di pupuk dan dikembangkan sesuai kebutuhan pasar. KNPI sebagai organisasi kepemudaan, tentunya bisa menangkap besarnya potensi ekonomi tersebut sebagai peluang untuk berkiprah menjadi mitra kerja yang ideal, baik dalam proses produksi, kemasan dan pemasaran serta permodalan.
Lebih lanjut Bupati Karawang menekankan, dengan hadirnya APEK dan MEA tentu merupakan peluang sekaligus tantangan bagi UKM dan pengusaha muda Indonesia, khususnya wirausahawan Karawang, untuk merintis dan mengembangkan usaha domestik yang bisa bersaing di pasar regional, nasional dan internasional dengan menggandeng bapak angkat atau mitra, baik dalam pelatihan, proses produksi, kemasan dan pemasaran, harap di ingat bahwa keberhasilan usaha saat ini banyak ditentukan oleh network atau jejaring usaha dalam pengembangan usahanya. Manfaatkan setiap kesempatan agar menjadi peluang bagi pengembangan kewirausahaan para pemuda.
Kemudian Bupati Karawang berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat mendorong semangat dan minat para peserta memulai dan mengembangkan bahkan ekspansi ke bidang komoditi yang bisa merekrut tenaga kerja yang banyak, sehingga Kabupaten Karawang bisa menjadi yang terdepan dalam mengembangkan kewirausahaann dengan  kreativitas dan profesional, yang dapat menjadi kekuatan ekonomi kerakyatan yang nyata, yakni terbentuknya para pengusaha yang memiliki semangat yang tinggi dan tentunya inovatif dalam mengembangkan berbagai usahanya.
Kegiatan ini diikuti oleh 150 peserta dengan narasumber dari berbagai bidang, yaitu Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang, Disperindagtamben Kabupaten Karawang, dan perwakilan Bank BJB Cabang Karawang. (@Gala)